Harper's BAZAAR WEDDING IDEAS Indonesia
ED 01 2014

Harper's BAZAAR WEDDING IDEAS Indonesia Magazine ED 01 2014


Single Issue
Rp 45.000
Add to Cart
** Digital publication can only be read on Gramedia Digital e-reader
Description
Detail
Rating & Review
Release Date: 01 April 2014.

Keanekaragaman kultur membuat konsep pernikahan di Indonesia menjadi sangat berwarna: pernikahan tradisional yang sampai kini masih tetap terjaga, pernikahan internasional, pernikahan multi kultur, dan pernikahan berkonsep fusion.

Lebih dari 25 tahun yang lalu, almarhum Peter Sie pernah merancang sebuah gaun pengantin two pieces bersiluet kebaya yang dipadu dengan batik bertabur kristal untuk sebuah pernikahan berkonsep internasional, suatu hal yang belum lazim pada saat itu. Kini konsep fusion sudah lebih banyak diterima dalam pernikahan internasional. Sudah semakin banyak pernikahan internasional yang ingin mengadopsi dan memberi sentuhan tradisi. Tapi konsep fusion ini tentu sebaiknya tidak diterapkan dalam pernikahan tradisional yang menganut pakem, karena ada tradisi yang sarat akan filosofi yang tidak boleh sembarang dilanggar. Elly Kasim penata perkawinan dan ‘penjaga’ budaya Minang menyatakan kekecewaannya bila melihat tradisi antar daerah disilangkan tanpa mempertimbangkan pakem. Bahkan Edward Hutabarat menekankan bahwa pakem harus ditaati, dan modernisasi tujuannya hanya untuk mengelevasi agar kelihatan lebih mewah (halaman 50). Salah satu kemasan untuk membuat sebuah pernikahan tradisional menjadi lebih mewah dan modern adalah dekornya (halaman 80).

Di edisi ini kami memilih empat grand wedding tahun lalu yang inspiratif: pernikahan putri CEO MRA Group, Putri Soedarjo dengan Armando Gabriel M. Siahaan yang melakukan upacara pernikahan dalam 4 tradisi: Jawa, Tapanuli, China, dan Internasional, pernikahan Clarissa Lukmandjaja, seorang desainer grafis dengan Hengky Sidharta, dalam pernikahan internasional yang berkonsep sangat personal. Lalu pernikahan putri share holder MRA Group, Amanda Thabita S. Sutowo dan Dicky Kurniawan Kusuma dalam adat Jawa, serta pernikahan putri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Azima Rajasa dengan Audy Wardhana yang menggelar pernikahannya dalam adat Sunda dan Palembang.

Pernikahan mereka memperlihatkan konsep pernikahan dalam berbagai adat dan tradisi, tapi semuanya dibungkus dalam kemasan yang terlihat mewah dan tasteful.

Semoga terinspirasi!

Language : Indonesian
Country : Indonesia
Publisher : MRA
Page Count : 242
Rating & Review
No review for this product yet.
© 2010 - 2019 All Rights Reserved. Gramedia Digital is a registered trademark of Gramedia Digital Nusantara.
Loading...
Loading...