Mencari Identitas: Orang Arab Hadhrami di Indonesia (1900-1950)

Mencari Identitas: Orang Arab Hadhrami Di Indonesia (1900-1950) Book by Huub De Jonge


By Huub de Jonge

Full Premium Package

Read this and other thousands books & magazines for

Rp 89.000 / Bulan

Single Issue
Rp 82.500
Add to Cart
** Digital publication can only be read on Gramedia Digital e-reader
Description
Detail
Rating & Review
GoodReads
Release Date: 16 December 2019.

Sebagai minoritas yang dipandang selalu berorientasi pada tanah Arab, tempat asalnya, orang Indonesia keturunan Arab dengan berjalannya waktu telah terintegrasi dengan baik ke dalam masyarakat Indonesia. Belakangan, peran mereka di beberapa bidang kehidupan tampak semakin menguat dan terlihat. Meskipun demikian, kajian atau literatur

tentang orang Indonesia keturunan Arab ini masih terbatas. Demikian juga dengan pemahaman mengenai peri kehidupan mereka masih jauh memadai. Kebanyakan khalayak non-Arab, misalnya, tidak mengetahui bahwa sebagian besar orang Indonesia Arab berasal dari Hadhramaut (Yaman), dan bukan berasal dari Arab Saudi (Hejaz), seperti yang sering diduga.

Buku ini merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh Huub de Jonge, Indonesianis dari Radboud University Nijmegen, Belanda. Huub de Jonge mengangkat beberapa topik menarik tentang komunitas Hadhrami pada paro pertama abad ke-20, termasuk perlakuan diskriminatif pemerintah kolonial terhadap komunitas mereka, perselisihan internal mereka tentang posisi sayid, peranan majalah Aliran Baroe, pementasan Tonil Fatimah yang kontroversial, dan peran ganda sosok ilmuwan Snouck Hurgronje. Secara khusus, de Jonge juga memberikan gambaran kehidupan masyarakat Hadhrami yang tidak banyak diketahui oleh orang non-Arab, yakni tentang kedudukan kaum perempuan, bentuk pendidikan, aspek pernikahan, praktik dan siasat perdagangan, serta konik-konik internal di kalangan masyarakat Hadhrami di Indonesia. Yang menarik, de Jonge memanfaatkan beragam sumber penelitian dalam kajiannya, termasuk dokumen arsip serta berkala berbahasa Melayu, Jepang, dan Belanda.

Language : Indonesian
Country : Indonesia
Publisher : Kepustakaan Populer Gramedia
Author : Huub de Jonge
Page Count : 290
Rating & Review
No review for this product yet.
© 2010 - 2020 All Rights Reserved. Gramedia Digital is a registered trademark of Gramedia Digital Nusantara.
Loading...
Loading...