Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan

Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan Book by Dr. Edi Harapan, M,Pd


By Dr. Edi Harapan, M,Pd

Full Premium Package

Read this and other thousands books & magazines for

Rp 89.000 / Bulan

Single Issue
Rp 59.000
Add to Cart
** Digital publication can only be read on Gramedia Digital e-reader
Description
Detail
Rating & Review
GoodReads
Release Date: 22 April 2019.

"Komunikasi antarpribadi merupakan proses komunikasi yang dianggap paling efektif dan prosesnya dapat dilakukan dengan cara sangat sederhana. Para ahli komunikasi memandang komunikasi antarpribadi berpusat pada kualitas komunikasi antarpartisipan. Partisipan yang saling berhubungan satu sama lain merupakan personal yang unik, mampu memilih, mempunyai perasaan, bermanfaat dan dapat merefleksikan kemampuan diri masing-masing.

Selain efektif, komunikasi antarpribadi merupakan proses berkomunikasi yang dianggap penting dan menjadi keharusan bagi setiap insan, baik dalam organisasi formal maupun non-formal. Tidak seorang pun manusia di atas dunia ini yang tidak melakukan komunikasi. Setiap orang senantiasa membutuhkan dan berusaha membuka serta menjalin komunikasi dengan orang lain. Adanya sejumlah kebutuhan di dalam diri setiap individu hanya dapat dipuaskan melalui kegiatan komunikasi antar sasamanya. Oleh karena itu, penting bagi semua orang untuk memiliki keterampilan berkomunikasi, tanpa dibatasi oleh jabatan, status sosial maupun stratifikasi dalam kehidupan sosial. Jadi, apakah orang tersebut berperan sebagai pejabat, kaum professional, maupun masyarakat awam, semuanya membutuhkan keterampilan berkomunikasi. Komunikasi antarpribadi tidak hanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat awam, tetapi juga terjadi dalam suatu organisasi.

Selain merupakan unsur penting, komunikasi antarpribadi merupakan “jembatan” dalam menjalin hubungan sosial antar sesama manusia. Hubungan sosial yang diinginkan bila seseorang merasa harga dirinya atau rasa amannya akan bertambah, dan hubungan ini akan direalisasikan dengan melakukan komunikasi yang harmonis. Selain itu keampuhan komunikasi antarpribadi terletak pada keefektifan mempengaruhi orang lain. Minat seseorang, konflik antarkelompok, sosialisasi visi dan misi organisasi, pemberian perintah, dan lain-lain akan dapat berjalan efektif bila orang-orang yang terlibat dalam organisasi pendidikan memiliki keterampilan berkomunikasi. Hanya dengan terjalinnya komunikasi, maka semua pihak yang terlibat akan dapat memahami perasaan lawan komunikasinya. "

Language : Indonesian
Country : Indonesia
Publisher : PT RajaGrafindo Persada
Author : Dr. Edi Harapan, M,Pd
Page Count : 212
Rating & Review
No review for this product yet.
Recommendation
© 2010 - 2019 All Rights Reserved. Gramedia Digital is a registered trademark of Gramedia Digital Nusantara.
Loading...
Loading...