Analisis Laporan Keuangan Sektor Publik

Analisis Laporan Keuangan Sektor Publik Book by Freddy Semuel Kawatu


By Freddy Semuel Kawatu

Single Issue
Rp 129.000
Add to Cart
** Digital publication can only be read on Gramedia Digital e-reader
Description
Detail
Rating & Review
GoodReads
Release Date: 14 January 2020.

"Akuntansi dan laporan keuangan mengandung pengertian sebagai suatu proses pengumpulan, pengolahan, dan pengomunikasian informasi dalam laporan keuangan yang bermanfaat untuk pembuatan keputusan dan untuk menilai kinerja suatu organisasi. Selain itu, laporan keuangan dapat menciptakan budaya transparansi dan akuntabilitas publik, salah satunya untuk menjadi good governance. Namun, tidak semua pembaca laporan keuangan dapat memahami laporan tersebut dengan baik meskipun laporannya sudah bersifat general pourposive. Sehingga diperlukan analisis laporan keuangan yang dapat membantu bagaimana cara memahami, menafsirkan angka-angka, mengevaluasi dan menggunakan informasi keuangan untuk pengambilan keputusan.

Analisis laporan keuangan membutuhkan tahapan agar pelaksanaan analisis efektif dan efisien. Tahapan analisis laporan keuangan meliputi analisis kinerja makro, analisis kinerja program/kegiatan, dan analisis kinerja keuangan atau laporan keuangan. Terdapat pula beberapa teknik analisis laporan keuangan yang dapat digunakan antara lain Analisis Varians (Selisih), Analisis Rasio Keuangan, Analisis Pertumbuhan (Trend), Analisis Regresi, dan Analisis Prediksi.

Pemaparan lebih luas dan jelasnya terkait sektor publik, laporan keuangan dan analisisnya, telah dituang oleh Prof. Dr. Freddy Samuel Kawatu, M.Si. dalam buku Analisis Keuangan Sektor Publik. Buku ini cocok digunakan mahasiswa sebagai sumber belajar atau digunakan sebagai sumber referensi oleh dosen ketika akan membuat karya-karya ilmiah.

Buku ini terdiri dari tiga belas Bab. Pada Bab pertama dan kedua dipaparkan mengenai pendahuluan dan laporan keuangan sector publik. Pada Bab ketiga, keempat dan kelima dipaparkan mengenai manfaat laporan keuangan publik, komponen laporan keungan sector publik dan tahapan anĂ¡lisis laporan keuangan. Pada Bab keenam hingga kesembilan dipaparkan mengenai analisis aset, analisis kewajiban dan ekuitas, analisis pendapatan dan analisis belanja. Pada Bab kesepuluh hingga ketiga belas dipaparkan mengenai analisis pembiayaan, analisis laporan arus kas, penelitian tentang analisis laporan keuangan sektor publik dan penutup.

"

Language : Indonesian
Country : Indonesia
Publisher : Deepublish
Author : Freddy Semuel Kawatu
Page Count : 178
Rating & Review
No review for this product yet.
© 2010 - 2020 All Rights Reserved. Gramedia Digital is a registered trademark of Gramedia Digital Nusantara.
Loading...
Loading...