#BacaJadiLebihMudah

Buku Rekomendasi Para Sagitarius yang Adventurous

Buku Rekomendasi Para Sagitarius yang Adventurous

Sudah memasuki musim zodiak berlambang Centaurus: Sagitarius. Konon, mereka yang lahir pada 22 November sampai 21 Desember memiliki karakteristik yang energik dan suka kebebasan. Salah satu karakteristik yang paling diakui adalah mereka berjiwa petualang. Namun, mereka juga tidak mudah ditebak dan tidak sabaran.

Berikut kami pilihkan lima buku yang cocok dibaca oleh para Sagitarius untuk mengisi waktu luang, sekaligus menghibur diri sendiri. Dari buku kumpulan puisi sampai buku kumpulan komik strip, inilah buku rekomendasi para Sagitarius yang adventurous!

1. Surat Kopi karya Joko Pinurbo

Surat
Surat Kopi karya Joko Pinurbo

Siapa yang tidak kenal dengan Joko Pinurbo? Ia adalah penyair yang sudah menerbitkan banyak buku kumpulan puisi. Buku pertamanya Celana diterbitkan pertama kali pada 1999. Puisi-puisinya kerap pendek tapi memiliki diksi yang asyik dan bermakna dalam juga mengena. Surat Kopi adalah salah satu yang patut dibaca—terutama bagi para Sagitarius.

Puisi-puisinya mayoritas terdiri atas dua sampai empat bait yang cocok buat mereka yang tidak sabaran seperti Sagitarius. Dikutip pada halawan awal buku, sajak-sajak di dalamnya dipilih dan disunting—sebagian dikembangkan—dari cuitan-cuitan @jokopinurbo di Twitter dalam kurun waktu 2012-2014. Buku kumpulan puisi yang terbit pada 2019 ini adalah edisi revisi dari sajak-sajak yang diterbitkan pada 2014.

2. 30 Hari Bersama Bluebell karya Ukirsari

30
30 Hari Bersama Bluebell karya Ukirsari

Sagitarus dikenal sebagai jiwa-jiwa petualang. Mereka suka dengan jalan-jalan ke tempat yang belum pernah mereka datangi. Kalaupun tidak suka jalan-jalan, mereka biasanya kerap mengambil risiko dari sebuah keputusan yang sudah mereka ambil. Salah satu buku perjalanan yang asyik banget buat Sagitarius adalah 30 Hari Bersama Bluebell karya Ukirsari.

Buku ini berisi catatan berjalanan mengelilingi United Kingdom (Britania Raya) menggunakan mobil berusia 18 tahun selama sebulan. Adalah dua petualang bernama Nick dan Arie yang menempuh jarak sekitar 6.000 mil dan setidaknya menyinggahi 30 kota. Mobil yang mereka gunakan adalah Ford Fiesta “Encore” yang diberi nama Bluebell. Buku ini tentang pengalaman, suka-duka perjalanan, dan tip bertualang di Britania Raya.

3. Start (to) Up karya Fitri Kinasih & David Cornelis

Start
Start (to) Up karya Fitri Kinasih & David Cornelis

Sagitarius memang punya karakter yang suka mengambil risiko. Namun, mengambil risiko bukan hal yang mudah. Mereka yang melakukannya kerap dihadapkan pada dua pilihan: sukses atau gagal. Si sukses mungkin akan merasa dunia milik mereka, tapi si gagal akan menyadari bahwa pilihannya salah dan merasa kecewa dan penyesalan pun muncul. Wah, kok serius banget ya bahasannya?

Fitri Kinasih dan David Cornelis menulis Start (to) Up yang berisi tentang bagaimana kita harus bangkit dari kegagalan. Fitri dan David menceritakan kisah bisnis mereka yang awalnya terpuruk dan sedikit demi sedikit merangkak bangun. Buku ini ditulis seperti kisah fiksi dengan banyak dialog dan karakter di dalamnya. Namun, itulah asyiknya. Mereka yang butuh kisah motivasi amat bisa berhubungan dengan apa yang terjadi dalam buku ini.

4. Traveling Aja Dulu! Karya Olivia Dianina Purba

Traveling
Traveling Aja Dulu! Karya Olivia Dianina Purba

Jiwa energik Sagitarius mungkin akan tertantang ketika mendengar ada orang yang sudah jalan-jalan gratis ke-35 negara di lima benua. Pertanyaannya: bagaimana bisa? Petuah “di mana ada kemauan di situ ada jalan” mungkin menjawab, tapi tentu ada faktor lain untuk bisa melakukan hal itu.

Adalah Olivia Dianina Purba yang beruntung bisa melakukan perjalanan ke-35 negara itu. Dan hampir semuanya itu didanai. Ia kemudian menuliskan pengalamannya itu ke dalam buku perjalanan berjudul Traveling Aja Dulu!. Di dalamnya, Olivia membahas tentang motivasi dalam traveling serta manfaat dari melakukan kegiatan tersebut. Melalui buku itu, Olivia juga ingin membagikan semangat empower young woman.

5. Bang Lambe: Orderan Pertama karya Alan dan Din

Bang
Bang Lambe: Orderan Pertama karya Alan & Din

Sepertinya komik adalah bacaan favorit Sagitarius. Selain karena penuh gambar dan sedikit teks, Sagitarius yang tidak sabaran juga bisa membacanya dengan cepat. Salah satu buku komik yang baru diterbitkan adalah Bang Lambe: Orderan Pertama karya Alan dan Din. Bang Lambe sudah lebih dulu muncul di akun Instagram @komikonlen. Jadi, siapa sih Bang Lambe.

Menurut bukunya, Bang Lambe adalah freelancer serabutan yang mencoba peruntungan rezeki di dunia per-ojol-an dan menjalani hari-harinya selayaknya sopir ojol biasa. Ia tinggal di kosan milik Ibu Kosmini dan punya tetangga bernama Oni, pengangguran sekaligus teman sepersusahan Bang Lambe. Konon, kehidupan Bang Lambe biasa-biasa saja sampai hadir sopir ojol cewek bernama Lena. Simak kisah Bang Lambe yang penuh lawak di komik Bang Lambe: Orderan Pertama.


Sumber foto header: Unsplash.com


Masukan email kamu untuk berlangganan newsletter

comments powered by Disqus