#BacaJadiLebihMudah

Mengenal Charles Dickens dan Karya-Karyanya yang Mendunia

Mengenal Charles Dickens dan Karya-Karyanya yang Mendunia

Tepat pada 7 Februari 1812, salah satu sastrawan terkenal asal Inggris dilahirkan. Penulis buku Oliver Twist dan A Christmas Carol ini lahir bukan dari kalangan bangsawan.

Karya tulisnya terkenal dan diterima oleh banyak orang karena sarat akan kritik sosial tetapi disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Tulisannya ini juga mampu menggugah hati para pembacanya.

Dilansir dari Charles Dickens Page, Charles John Huffam Dickens atau Charles Dickens merupakan anak dari John Dickens, seorang pegawai di Kantor Pembayaran Angkatan Laut.

Pada tahun 1824, ayahnya harus dipenjara karena hutang di Marshalsea. Di usia 12 tahun, Dickens terpaksa dikeluarkan dari sekolah dan bekerja di pabrik.

Meskipun pada akhirnya ia mampu kembali bersekolah, pengalamannya yang kelam di masa kecil terus membayanginya. Kemiskinan dan perasaan ditinggalkan menjadi sangat mempengaruhi pandangannya yang dituangkan dalam berbagai karya fiksinya.

Oliver Twist

oliver_twist_ebook_gramedia_digital

Sebelum menulis Oliver Twist, Dickens menjalani karier sebagai reporter, ilustrator, hingga editor untuk koran dan majalah di London. Tepat di tahun 1837, novel yang membuatnya populer ini terbit.

Oliver Twist menceritakan kehidupan seorang anak yatim piatu yang harus hidup di jalanan. Cerita dalam buku ini terinspirasi dari kehidupannya di masa kecil yang miskin hingga harus mencari nafkah untuk bertahan hidup.

Karyanya ini diterima dengan sangat baik di Inggris maupun Amerika. Hingga sekarang, karya klasik Dickens ini telah berulang kali diadaptasi ke film. Film Oliver Twist terakhir dibuat pada tahun 2005 oleh Roman Polanski.


Baca juga: The Father of Science Fiction H.G. Wells & Dua Karya Epiknya


A Christmas Carol

a_christmas_carol_ebook_gramedia_digital

Menjelang natal tahun 1843, Dickens menerbitkan buku berjudul A Christmas Carol. Novel ini ditulisnya dalam waktu yang singkat—hanya sekitar 5 minggu.

Tak disangka, buku ini laku keras dan terjual lebih dari 6.000 eksemplar setelah diterbitkan. Selain ceritanya yang menggugah hati tentang Ebenezer Scrooge, A Christmas Carol juga memuat kritik sosial tentang kesulitan yang dihadapi oleh rakyat miskin di Inggris saat itu.

Terlepas dari adanya kritik tersebut, buku ini telah menjadi karya Dickens yang paling terkenal dan dicintai. Serupa dengan Oliver Twist, A Christmas Carol juga telah berkali-kali diadaptasi ke film.

Di tahun 2009, Disney juga membuat film versi animasi 3D dari cerita ini dan Jim Carrey terpilih menjadi pengisi suaranya.


Masih lebih banyak lagi karya-karya Charles Dickens yang sayang untuk kamu lewatkan seperti David Copperfield dan Hard Times. Baca semua karyanya yang meskipun berlatar pada abad ke-19 tetapi masih relevan untuk dibaca di masa kini.

Temukan pula kutipan-kutipan menarik dari karyanya hanya di Gramedia Digital!


Baca juga: Fakta Paulo Coelho Penulis Novel Mendunia The Alchemist


Sumber foto header: Reel Art


Masukan email kamu untuk berlangganan newsletter

comments powered by Disqus