Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Dana Darurat atau Darurat Dana? Mudah Atur Finansial dengan Tips Berikut Ini!

Dana Darurat atau Darurat Dana? Mudah Atur Finansial dengan Tips Berikut Ini!

Salah satu cuitan di media sosial X (dulu Twitter) sempat ramai direspons oleh para netizen. Menariknya, pembahasan kali ini ternyata seputar anak muda dan dana darurat. Ada apa, ya? Hmm... Sini Gramin spill the tea!๐Ÿ˜๐Ÿ‘‡

Pendapat kamu gimana nih, Grameds?

Banyak netizen yang merespons bahwa kehidupan mereka terlalu 'darurat dana' untuk punya 'dana darurat'. Beberapa orang juga membahas mengenai sandwich generation yang menjadi kondisi tak terhindarkan bagi banyak orang, juga tentang income yang masih di bawah standar.

Nah, Gramin sudah rangkum nih beberapa tips untuk mengatur finansial untuk generasi muda!

Mengatur finansial bisa menjadi tantangan utama, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu dapat mencapai stabilitas finansial.

Simak ulasannya di sini, yuk!

Tips Mengatur Finansial

Memahami Pengeluaran

Langkah pertama dalam mengatur finansial adalah memahami pengeluaran. Gunakan aplikasi pelacak pengeluaran untuk mencatat setiap biaya dan lihat di mana uang kamu pergi.๐Ÿ’ธ Ini akan membantu kamu mengidentifikasi area di mana kamu dapat melakukan penghematan.

Buatlah Anggaran

Membuat anggaran adalah kunci untuk mengatur finansial. Dengan anggaran, kamu dapat merencanakan pengeluaran dan memastikan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk kebutuhan dan tabungan. Pastikan untuk memasukkan semua pengeluaran, termasuk tagihan rutin, biaya hidup, dan hiburan.

Mulai Menabung

Banyak orang muda yang belum memulai menabung. Namun, ini adalah langkah penting untuk mengamankan masa depan finansial kamu. Cobalah untuk menabung sedikit dari setiap gaji. Kamu akan terkejut betapa cepatnya uang tersebut bertambah!

Investasi

Investasi adalah cara bagus untuk menghasilkan lebih banyak uang. Mulailah dengan investasi kecil dan belajar sebanyak mungkin tentang pasar saham atau real estat. Pastikan untuk melakukan penelitian dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan sebelum membuat keputusan investasi.

Perlindungan Finansial

Selain menabung dan berinvestasi, penting juga untuk memiliki perlindungan finansial. Ini bisa berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau dana darurat. Perlindungan ini akan membantu kamu menghadapi kejadian tak terduga yang bisa mempengaruhi finansial kamu.

Edukasi Finansial

Generasi muda perlu memahami pentingnya edukasi finansial. Belajar tentang pengelolaan uang, investasi, dan kredit akan sangat membantu dalam jangka panjang.

Beberapa buku yang sudah Gramin rangkum berikut ini bisa banget kamu jadikan bahan sebagai edukasi finansial kamu. Cek rekomendasinya di bawah, ya!

Rekomendasi Buku tentang Finansial

1. Master Investor

SeratusBaca di Sini!

Investasi menjadi salah satu cara populer untuk menyimpan dana. Namun, kamu perlu meng-upgrade pola pikir kamu dalam berinvestasi agar bisa mendapatkan keuntungan yang stabil, dan pada akhirnya kamu dapat mencapai kemerdekaan finansial. Lewat buku Master Investor, kamu akan diajak memperbaiki fundamental kamu dalam berinvestasi melalui pengalaman para penulis yang ahli di bidangnya!

2. Rich Dad Poor Dad

SeratusBaca di Sini!

Rich Dad Poor Dad adalah buku legendaris mengenai edukasi finansial. Robert Kiyosaki telah mengubah banyak cara pandang orang terhadap uang melalui gagasan-gagasannya. Dalam buku ini, Robert Kiyosaki mencoba mengajarkan para pembaca untuk mulai saat ini melatih anak dan cucunya kelak, bahkan untuk dirinya sendiri agar cerdas dalam mengelola persoalan finansial. Selain itu, Robert juga menggarisbawahi bahwa orang kaya tidak bekerja hanya untuk uang, melainkan uang yang akan bekerja untuknya.

3. Psychology of Money

SeratusBaca di Sini!

Kesuksesan dalam mengelola uang tidak selalu tentang apa yang kamu ketahui. Ini tentang bagaimana kamu berperilaku. Perilaku sulit untuk diajarkan, bahkan kepada orang yang sangat pintar sekalipun. Dalam The Psychology of Money, Morgan Housel membagikan 19 cerita pendek yang mengeksplorasi cara-cara aneh orang berpikir tentang uang dan mengajari kamu cara memahami uang dengan lebih baik. Morgan membuat cerita pendek tersebut dengan menggunakan sudut pandang perilaku manusia sehingga setelah selesai membaca buku ini, pembaca akan menemukan sudut pandang baru dalam menyikapi uang yang dimiliki.

Rekomendasi Buku tentang Kesuksesan Bisnis dan Finansial

1. Think and Grow Rich

SeratusBaca di Sini!

Kekayaan dimulai dengan keadaan pikiran. Jika ingin menjadi pertama-tama kita harus mengubah pikiran agar menjadi, seperti Napoleon Hill menyebutnya, sadar akan uang. la mengatakan bahwa kita harus benar-benar berpikir diri kita sendiri kaya. Hmm... Caranya gimana ya, Grameds? Lewat buku Think and Grow Rich, kamu akan menemukan paparan detail tentang bagaimana kita berpikir tentang kekayaan supaya dapat menarik kesuksesan pada kita!

2. Seni Negosiasi Superior: Taktik, Siasat, Tipu Daya dalam Bisnis dan Kehidupan

SeratusBaca di Sini!

Kemampuan bernegosiasi sangat dibutuhkan oleh seseorang, utamanya dalan urusan bisnis. Buku ini membahas 24 strategi Tiongkok tentang negosiasi superior, yang dituliskan dengan banyak sekali cerita dan contoh kasus nyata. Dinarasikan berdasarkan kisah The Art of War, strategi perang Tiongkok kuno yang masih relevan hingga saat ini. Kamu akan mempelajari siasat dan seni bernegosiasi di semua keadaan, cara bernegosiasi saat kamu tahu bahwa kamu di posisi yang lebih unggul, cara bertindak jika kamu memiliki kekuatan yang sama dengan lawan, juga bagaimana cara melemahkan lawan terlebih dahulu dengan teknik manipulatif dan mengecoh lawan yang posisinya lebih kuat.

3. Marketing 5.0: Teknologi untuk Kemanusiaan

SeratusBaca di Sini!

Kemajuan teknologi yang pesat nyatanya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis kita lho, Grameds! Buku ini mengacu pada pemanfaatan teknologi untuk kepentingan manusia atau kemanusiaan. Intinya, kalau bisnis ingin maju dan bisa mendapatkan outcome yang optimal, bisnis tersebut harus bisa mengkombinasikan dua kekuatan, yakni kekuatan human dan ditopang oleh teknologi seperti mesin dengan artificial intelligence (AI) di baliknya. Nah, supaya kamu lebih paham, kamu bisa baca lebih lengkap dalam buku ini, ya!

100 Judul Terbaik Pilihan Pembaca 2023, Persembahan dari Gramedia untuk Kamu!

Dengan mengusung semangat #LebihDekat, Gramedia menghadirkan 100 Judul Terbaik Pilihan Pembaca 2023 yang merupakan kompilasi buku-buku best seller pilihan Grameds! Tentunya, Gramedia tidak hanya menghadirkan kompilasi ini saja, tetapi juga memberikan Grameds penawaran menarik berupa diskon 25% untuk 100 buku yang termasuk dalam daftar berikut ini: https://bit.ly/BukuUntukmu2023.

Promo ini akan berlangsung selama periode 27-29 Oktober 2023, dan bisa kamu dapatkan di seluruh store Gramedia se-Indonesia, Gramedia.com, dan marketplace Gramedia Official!

Wah, seru banget kan, Grameds?

Sambil menunggu info lengkapnya, kamu bisa pantengin terus Instagram @gramedia dan @gramedia.com, ya!

โœจSeratus buku, tiga hari, dan satu kesempatan memilih buku terbaikmu.โœจ

Jangan sampai ketinggalan keseruannya ya, Grameds!๐Ÿค“๐Ÿ’—

judulTemukan Buku Terbaikmu di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter