#BacaJadiLebihMudah

Ajak Si Kecil Menanam Pohon & Berkebun dengan Tips Berikut Ini

Ajak Si Kecil Menanam Pohon & Berkebun dengan Tips Berikut Ini

Tahukah Anda jika setiap 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)? Bagi Anda yang belum tahu, peringatan HMPI sendiri ada berdasarkan pada keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

Setelah tahu, kira-kira apakah Anda akan ikut berkontribusi menanam pohon hari ini? Menanam pohon bisa jadi kegiatan yang menyenangkan lho, apalagi jika Anda turut mengajak si kecil menanam pohon sambil mengenalkan tentang berkebun.

Berikut beberapa tips mengenalkan berkebun pada si kecil, sebelum menanam pohon bersama, agar si kecil tertarik dan senang melakukan kegiatan di kebun bersama.

1. Mengenalkan apa itu kebun

Jika melihat penjelasan dari Wikipedia, kebun merupakan sebidang lahan, yang biasanya di tempat terbuka, yang mendapat perlakuan tertentu oleh manusia, khususnya sebagai tempat tumbuh tanaman.

Selanjutnya, Anda mengenalkan berkebun pada si kecil. Berkebun sendiri bisa diartikan menanam dan sebagainya di kebun. Tentunya termasuk menanam pohon di kebun.

2. Menjelaskan manfaat berkebun

Setelah mengenal apa itu kebun dan berkebun, Anda bisa membuat si kecil tertarik berkebun, dengan memberitahukan manfaat dari berkebun itu sendiri.

Beberapa manfaat berkebun yang bisa Anda sampaikan kepada si kecil antara lain, menambah pengetahuan mengenai tumbuhan atau tanaman, bisa ikut serta dalam aksi hemat energi, kita dapat memakan hasil dari kebun sendiri dan tentunya dengan berkebun dapat membuat kita bergerak dan membuat kita sehat juga bugar.

3. Mengenalkan alat-alat berkebun

Jika si kecil semakin tertarik, tahapan berikutnya adalah tahap mengenalkan alat-alat berkebun. Pada umumnya alat-alat berkebun masih seputar pot sebagai wadah menanam, gembor alat menyiram air, serta sekop dan penggaruk guna mencampur media tanam.

Selain itu, si kecil juga perlu tahu tentang apa saja yang perlu disiapkan saat ingin menanam tanaman dan berkebun. Misalnya mengetahui jenis bibit tanaman, mengerti apa itu pupuk, serta mengetahui media tanam, seperti tanah, arang, sabut kelapa dan lain-lain.

4. Mengenalkan perlengkapan berkebun

Sudah mengetahui berbagai hal tentang berkebun, rasanya si kecil sudah siap nih untuk langsung menanam pohon di lahan yang sudah disiapkan. Tapi, jangan lupa untuk memberi tahu si kecil perlengkapan apa saja yang dibutuhkan sebelum menanam tanaman.

Salah satu yang bisa dijadikan rekomendasi adalah pemakaian sarung tangan saat berkebun. Selain itu Anda juga bisa mengajarkan si kecil memakai sepatu bot dan juga topi sebagai perlengkapan berkebun. Jangan lupa memilih pakaian berbahan kaus agar mudah menyerap keringat yang keluar saat berkebun.

5. Kreasi berkebun

Nah, sekarang waktunya berkebun! Tapi, bagaimana jika lahan yang tersedia tidak luas namun tetap ingin menanam pohon dalam jumlah yang cukup banyak. Tandanya Anda harus mengajak si kecil berkreasi.

Misalkan saja membuat vertical garden, dengan menggunakan alat-alat sederhana. Seperti menggunakan botol minuman bekas yang dijadikan pot. Bentuknya pun bisa bermacam-macam. Bisa digantung atau pun botol bisa disusun bertingkat dan jadi deh kebun mini buatan si kecil.

Ingin tahu lebih banyak tentang mengenalkan berkebun untuk si kecil? Anda bisa membacanya secara lengkap lewat koleksi Gramedia Digital yang berjudul #Markibun berikut ini.

berkebun


Sumber foto header: Unsplash.com


Masukan email kamu untuk berlangganan newsletter

comments powered by Disqus