Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Halo parents, kegiatan apa saja sih yang sudah dilakukan oleh Ayah dan Bunda untuk mengisi waktu luang bersama anak-anak? Sudah pernah mencoba mendongeng untuk si kecil belum?

Meskipun kegiatan mendongengkan cerita untuk anak saat ini sudah mulai ditinggalkan, entah karena kita sibuk atau memang sang anak yang lebih menyukai aktivitas lain, namun ternyata kegiatan ini mampu memberikan banyak manfaat, khususnya untuk perkembangan anak-anak.

Bahkan, di usia awal perkembangan anak, di mana indera pendengaran dan penglihatannya sedang sangat aktif dan dominan, kegiatan mendongeng ini perlu dilakukan para orang tua untuk memberikan stimulasi yang tepat dalam melatih indera-indera tersebut.

manfaat
Manfaat Mendongeng untuk Si Kecil (Sumber Gambar: pexels.com/@william-fortunato)

Hal ini sejalan dengan pendapat dari beberapa pakar, bahwa cara ini bertujuan untuk merangsang kualitas dan kuantitas sel-sel otak, dapat mengembangkan koordinasi otot, serta mengoptimalkan kemampuan sensorik anak agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal.

Maka dari itu, aktivitas mendongengkan cerita untuk anak ini bisa menjadi pilihan orang tua dalam mengisi waktu luang bersama anak. Lalu, apa saja sih manfaat mendongeng terhadap perkembangan si kecil?

6 Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang si Kecil

1. Melatih Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah tahapan kemampuan seorang anak dalam memperoleh atau memahami makna dan pengetahuan dari pengalaman serta informasi yang ia dapatkan dari lingkungan sekitar.

Hal ini meliputi proses mengingat, menggunakan kata-kata dalam berkomunikasi, pemecahan masalah, kemampuan untuk fokus pada suatu hal, dan juga kemampuan bernalar atau pengambilan keputusan.

Ketika orang tua membacakan cerita untuk anak, mereka akan terdorong untuk fokus pada cerita yang sedang kita sampaikan. Dari situ, ia kemudian akan belajar untuk memahami cerita sesuai penafsiran mereka yang akan bermanfaat dalam melatih kecerdasan serta perkembangan kognitifnya selama masa pertumbuhan.

2. Menambah Kosakata Baru

Saat orang tua mendongeng, secara tidak langsung kosakata dalam cerita yang orang tua bacakan akan terserap dalam memori si anak. Mereka akan belajar untuk memahami kata dan kalimat yang diceritakan dari buku-buku dongeng tersebut, dan menyimpannya dalam memori mereka.

Semakin banyak kata yang anak dengar, maka akan semakin baik dan lancar pula kemampuan bahasa dan berbicara mereka kelak, sebab sedari kecil otaknya telah dirangsang untuk memperkaya kata dan gaya bahasa yang berbeda-beda, sehingga anak menjadi lebih mahir dalam berkomunikasi dan menyampaikan keinginan serta perasaannya.


Baca juga: 10 Buku Dongeng Terlaris, Ini Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak


3. Meningkatkan Imajinasi

Cerita fiksi kebanyakan mengandung unsur imajinatif, dan hal itu baik bagi perkembangan kemampuan imajinasi dan kreativitas anak, karena dapat meningkatkan fungsi otak anak pada berbagai tingkatan.

Selain itu, imajinasi juga akan mendorong mereka untuk berpikir kreatif dan cepat dalam menganalisa sesuatu. Namun, karena perkembangan imajinasi pada setiap anak berbeda-beda, maka orang tua juga perlu untuk memberi rangsangan agar imajinasi anak dapat berkembang dengan baik, salah satunya dengan membacakan cerita.

manfaat
Manfaat Mendongeng untuk Si Kecil (Sumber Gambar: pexels.com/@marta-wave)

4. Membuka Wawasan Baru

Cerita yang disampaikan oleh orang tua akan membuka pengetahuan anak tentang berbagai kebudayaan dan pemikiran baru yang ada di lingkungan sekitarnya. Nantinya anak pun akan menjadi sosok yang open-minded atau berpikiran terbuka terhadap perbedaan-perbedaan tersebut, yang tentunya akan bermanfaat hingga ia dewasa nanti. Selain itu, kegiatan mendongeng juga akan bermanfaat untuk memberikan pemahaman awal pada anak tentang toleransi antar sesama manusia.

5. Mengajarkan Kecerdasan Sosial dan Emosional

Dari tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita, orang tua dapat mencontohkan kepada anak bagaimana cara untuk bersikap ketika menghadapi sebuah masalah, dan bagaimana ia sebaiknya berperilaku kepada orang lain. Hal ini termasuk untuk melatih kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada anak.

6. Mempererat Hubungan antara Anak dan Orang Tua

Kegiatan mendongeng bisa dimanfaatkan oleh orang tua sebagai sarana untuk membangun dan mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Ketika sedang mendongeng, proses komunikasi yang interaktif akan terjalin antara orang tua dan anak, dan tanpa disadari hal tersebut akan memunculkan kehangatan antara keduanya, yang kemudian membuat hubungan semakin erat.


Baca juga: Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!


Itulah manfaat mendongeng bagi tumbuh kembang si kecil yang tidak hanya dapat menstimulasi perkembangan kognitif, namun juga kecerdasan majemuk lainnya seperti kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan interpersonal serta intrapersonal sang anak.

Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, semoga Ayah dan Bunda menjadi lebih bisa meluangkan waktu dan bersemangat untuk mendongengkan cerita kepada si kecil sedini mungkin.

Untuk para orang tua yang ingin mengisi waktu luang si kecil dengan cara yang asyik dan ingin mengetahui bagaimana cara mendongengkan sebuah cerita dengan cara yang seru untuk anak, Ayah dan Bunda semua bisa, lho, menggunakan BOOKR Class!

Apa sih BOOKR Class itu?e๐Ÿ‘€

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis storytelling yang berasal dari Hungaria. BOOKR Class dirancang untuk keterampilan bahasa, literasi, dan reading comprehension untuk anak-anak usia 4-14 tahun dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Pelanggan dapat mengakses lebih dari 700 buku animasi yang interaktif, lengkap dengan narasi (voice over) dari native speaker.

Koleksi buku animasi yang dapat diakses juga bervariasi, mulai dari cerita klasik hingga modern, dari tema pendidikan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Dalam buku animasi yang interaktif ini juga disediakan 1.400 games edukasi, seperti lagu-lagu, sajak, kuis, permainan memori, dan flashcards.


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class


Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Kabar baik untuk kamu sampai tanggal 30 April 2023 ada promo BOOKR Class di Gramedia.com! Hanya dengan Rp45.000,00 kamu dapat berlangganan BOOKR Class selama sebulan. Sementara, untuk berlangganan selama setahun, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp540.000,00.

Pelanggan yang ingin menggunakan BOOKR Class untuk keperluan sekolah juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Pembelian BOOKR Class B2B akan mendapatkan benefit ekstra, yaitu dashboard untuk memantau siswa dalam penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, teacher's handbook untuk mengajar, kegiatan dan tes yang dapat dicetak, serta gratis dua bulan berlangganan.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class! Dapatkan promo superhemat dengan mengeklik banner berikut ini!โคต๏ธ๐Ÿ›’

dampakBerlangganan Sekarang!


Sumber gambar header: pexels.com/@shkrabaanthony

Penulis: Ikha Destryani

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Enter your email below to join our newsletter