#BacaJadiLebihMudah

Daftar Pengarang Dunia yang Lahir Sepanjang Januari

Daftar Pengarang Dunia yang Lahir Sepanjang Januari

Dari pengarang klasik dunia asal Amerika Serikat sampai pengarang kontemporer asal Jepang, inilah daftar pengarang dunia yang lahir sepanjang bulan Januari.

J.D. Salinger

Jerome David Salinger atau lebih dikenal dengan nama J.D. Salinger adalah pengarang The Catcher in the Rye (1951) kelahiran Amerika Serikat.

Lahir pada 1 Januari tahun 1919, J.D. Salinger sempat menerbitkan beberapa cerita pendek di majalah Story sebelum melayani negaranya untuk Perang Dunia II pada awal tahun 1940-an.

J.R.R. Tolkien

The Hobbit (1937) dan trilogi The Lord of Rings (1954-1955) menjadi karya yang menggaungkan pengarang yang memiliki nama lengkap John Ronald Reuel Tolkien.

Ia lahir pada 3 Januari tahun 1892 dan menjadi salah satu pengarang karya fantasi yang digemari banyak orang. Karya epiknya juga difilmkan pada kurun waktu 2001-2003 serta dibintangi oleh Ian McKellen dan Elijah Wood.

daftar

Kahlil Gibran

Penyair Lebanon-Amerika Serikat ini lahir pada 6 Januari, 1883. Ia terkenal dengan karya fiksi nan puitis yang sebagian sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah Sayap-Sayap Patah (1912) dan Almustafa (1923). Bersama tiga temannya, Kahlil Gibran membuat kelompok sastra berbahasa Arab di Amerika bagian utara bernama The Pen League.

Stephen Hawking

Pria kelahiran 8 Januari tahun 1942 ini menjadi ilmuwan terkenal dan paling berpengaruh.

Ia menerbitkan buku berjudul A Brief History of Time (1988) yang menjelaskan tentang berbagai teori fisika dan menghubungkannya dengan alam semesta, ruang dan waktu, lubang hitam, Big Bang, hingga perjalanan waktu.


Baca juga: Leila S. Chudori & Para Tokoh Ngobrolin Sastra Lewat Podcast


Jack London

Lahir 12 Januari tahun 1876, Jack London termasuk pengarang klasik Amerika Serikat yang sukses melalui karya-karyanya. Salah satu yang paling laris adalah The Call of the Wild (1903).

Buku itu bercerita tentang seekor anjing yang dipekerjakan untuk migrasi Klondike Gold Rush. Itu adalah masa ketika orang-orang dari Amerika Serikat berbondong-bondong pergi ke Kanada untuk menambang emas.

Haruki Murakami

Sebutkan literatur yang berasal dari Jepang! Kebanyakan orang pasti menjawabnya dengan menyebutkan karya-karya Haruki Murakami. Ia memang begitu terkenal—baik itu di Jepang maupun dunia.

Hampir semua buku-buku ciptaan laki-laki kelahiran 12 Januari tahun 1949 ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Beberapa yang populer adalah Norwegian Wood (1987) dan 1Q84 (2009).

daftar

Edgar Allan Poe

Dikenal melalui karya puisi dan cerita pendeknya, Edgar Allan Poe adalah pengarang Amerika Serikat kelahiran 19 Januari tahun 1809.

Karyanya yang tersohor adalah The Raven (1827) dan The Black Cat (1843) yang juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Konon, Edgar Allan Poe disebut-sebut sebagai penulis profesional terkenal pertama di Amerika Serikat.

Lewis Carroll

Ada yang belum baca Alice’s Adventure in Wonderland? Karya fantasi tersebut ditulis oleh Lewis Carroll dan diterbitkan pertama kali pada 1865.

Ia memiliki nama asli Charles Lutwidge Dodgson dan lahir pada 27 Januari tahun 1832. Selain cerita tentang Alice, ia juga menulis sekuelnya yaitu Through the Looking-Glass (1871) dan Jabberwocky (1871).


Baca juga: Buku Pilihan Redaksi Gramedia Digital 2019



Masukan email kamu untuk berlangganan newsletter

comments powered by Disqus