Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Chainsaw Man: Cerita Perjuangan Pemuda Super Miskin Melawan Devil

Chainsaw Man: Cerita Perjuangan Pemuda Super Miskin Melawan Devil

Grameds di sini, khususnya pecinta serial komik, pastinya sudah tidak asing lagi dengan komik Chainsaw Man, bukan? Tentu. Selain komiknya yang sudah ditunggu-tunggu, anime Chainsaw Man yang tayang pada Oktober 2022 silam juga merupakan salah satu seri yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Anime tersebut diadaptasi dari komik berjudul sama karya Tatsuki Fujimoto yang sudah memiliki nama tersendiri dan memenangkan banyak penghargaan, bahkan seringkali diajukan pembaca sebagai rekomendasi komik yang sangat ingin mereka baca dalam bahasa Indonesia. Pada Februari 2023, volume pertama Chainsaw Man pun resmi diterbitkan oleh m&c!

Nah, buat Grameds yang belum pernah baca, sini Gita spill sinopsis komik Chainsaw Man yang gak boleh kamu lewatkan! Sebelum itu, yuk, lihat sedikit sekilas tentang penulis atau mangaka Chainsaw Man!✨

Kenalan dengan Pengarang Chainsaw Man, Tatsuki Fujimoto

Tatsuki Fujimoto adalah penulis asal Jepang yang namanya melejit sejak kepopuleran Chainsaw Man dan Fire Punch naik. Namanya naik bukan tanpa alasan, lho! Itu semua berkat karyanya yang memang pantas diberi apresiasi!

Fujimoto pertama kali menciptakan manga Chainsaw Man pada tahun 2018, yang mendapatkan sambutan yang positif dari pembaca dan menjadi salah satu manga paling populer saat ini. Manga ini menceritakan kisah Denji, seorang remaja yang menjual organ tubuhnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan kemudian menjadi penyelamat manusia dengan kemampuan mengendalikan mesin pemotong kayu (chainsaw).

Berkat karya-karyanya yang autentik, hingga kini Fujimoto dikenal sebagai mangaka yang terampil dalam menggabungkan elemen-elemen horor, aksi, dan komedi dalam karyanya. Ia juga sering menampilkan karakter-karakter yang kompleks dan mengeksplorasi tema-tema yang berat seperti kehidupan, kematian, dan nilai dari kehidupan manusia.

Sinopsis Chainsaw Man

Komik ini bercerita tentang Denji, seorang pemuda miskin yang terpaksa bekerja sebagai Devil Hunter sejak kecil demi melunasi utang mendiang orang tuanya. Suatu hari, Denji bertemu Chainsaw Devil yang terluka. Demi menolongnya, Denji kecil memberikan darahnya dan menjalin kontrak dengan devil tersebut, yang akhirnya dia pelihara dan dinamakan Pochita. Sejak saat itu, mereka berdua terus memburu devil demi upah yang tak seberapa.

bukuBaca Volume 1 di Sini!

Suatu hari, Denji dikhianati oleh yakuza yang merekrutnya. Dalam insiden itu, keduanya terbunuh. Namun, berkat Pochita yang memberikan jantungnya kepada Denji, pemuda itu bangkit kembali. Dengan menarik tali yang ada di dadanya, kini Denji bisa berubah menjadi “Chainsaw Man”. Setelah menumpas si pembunuh, dia bertemu Makima, seorang Devil Hunter dari Pasukan Polisi Rahasia. Gadis itu menjadikan Denji “peliharannya” dan mengajaknya bergabung dengan mereka. Dari sanalah kehidupan baru Denji dimulai.

Review Chainsaw Man

Chainsaw Man memiliki cerita yang seru dan tak terduga. Meskipun begitu, kisahnya tidaklah rumit dan cocok untuk dibaca saat bersantai. Dialognya tidak terlalu banyak, membuat para pembaca dapat menghayati penggambaran dunia dan adegan-adegan aksi yang disajikan. Banyaknya lelucon dan humor dalam judul ini pun juga menjadikan komik ini hidup dan menghibur.

Selain itu, Chainsaw Man bisa dikatakan sebagai sebuah komik yang menarik dan unik dalam hal penggambaran karakter, cerita, dan gaya gambar. Seperti yang sudah diceritakan pada sinopsis, Chainsaw Man bercerita tentang seorang pemuda bernama Denji yang menjalani hidup sederhana sebagai pemburu iblis, namun hidupnya berubah total setelah ia berhubungan dengan Pochita, seekor anjing demon dengan kekuatan mematikan dan bentuknya yang menyerupai gergaji mesin pemotong kayu (chainsaw).

Cerita dalam Chainsaw Man menjadi sangat unik karena menggabungkan elemen-elemen horor, aksi, dan komedi secara apik. Setiap karakter dalam komik ini memiliki latar belakang yang menarik dan kompleks, sehingga pembaca dapat terhubung dengan mereka dengan mudah. Denji sebagai karakter utama, digambarkan dengan sangat baik dalam perjalanan hidupnya, mulai dari kehidupan yang suram hingga menjadi pemimpin dan penyelamat umat manusia.

Salah satu hal yang paling menarik dari komik ini adalah penggambaran karakter dan adegan aksinya. Tatsuki Fujimoto sangat terampil dalam menggambar karakter yang unik dan ekspresif dengan sangat baik, sehingga dapat memberikan emosi yang tepat pada setiap adegan dalam komik. Adegan aksi dalam komik ini juga sangat menegangkan dan berdarah, dengan banyak adegan yang dapat membuat pembaca terkejut dan takjub. Ilustrasi sang mangaka yang detail juga menunjang penyampaian kisah, world building, dan nuansa khas komik action.

Dengan kompleksitas jalan cerita dan elemen yang menarik, Chainsaw Man akhirnya sukses menarik perhatian rumah produksi terbaik di Jepang, yakni MAPPA, untuk segera diangkat ke dalam bentuk animasi pada tahun 2022. Antusiasme penggemar terlihat jelas, terbukti dari tercapainya sejumlah 16 juta penonton sejak perilisan trailer utamanya di YouTube.

Eits, perlu diingat, ya, bahwa komik Chainsaw Man ini mengandung adegan kekerasan, fan service, serta dark humor yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Karena itulah komik ini masuk ke dalam jajaran komik Akasha, atau lini komik khusus dewasa m&c.  

Nah, dengan ini Admin bisa katakan, Chainsaw Man adalah sebuah manga yang sangat menarik untuk dibaca. Dengan cerita yang unik, karakter-karakter yang kuat, dan penggambaran yang ciamik, manga ini sangat cocok untuk penggemar genre horor, aksi, dan komedi. Karya Fujimoto berhasil menghadirkan cerita yang terasa fresh dan berbeda dari komik populer lainnya, sehingga wajib dicoba oleh penggemar manga dan komik.

Hingga kini, seri Chainsaw Man masih terus diproduksi karena masih berlanjut di Jepang. Di Indonesia, volume pertamanya sudah terbit di Gramedia dan bisa kamu dapatkan segera di Gramedia.com!

Rekomendasi Komik Chainsaw Man Terbaru

1. Chainsaw Man Volume 2

chainsawBaca di Sini!

Kehidupan Denji sebagai pemuda “Chainsaw Devil” sekaligus Devil Hunter berlanjut ke volume 2! Volume kali ini dimulai dengan pertarungan Denji melawan Bat Devil. Meski Power mengkhianati Denji dan sudah ditelan oleh Bat Devil, pemuda itu masih berusaha mati-matian untuk mengalahkan si devil dan menyelamatkan Power. Alasannya sederhana, dia masih memegang erat harapan vulgar yang telah dijanjikan Power padanya. Namun, apakah Denji benar-benar akan merasa puas setelah harapan itu terkabul?

Kemudian, pembaca dikenalkan dengan Gun Devil. Gun Devil adalah salah satu devil terkuat yang muncul akibat rasa ketakutan masyarakat terhadap senjata. Kemunculannya di berbagai negara memakan puluhan ribu hingga ratusan ribu korban jiwa dalam hitungan detik. Demi menemukannya, Organisasi Devil Hunter mengumpulkan potongan-potongan daging Gun Devil.

Dikatakan bahwa devil yang memakan potongan daging tersebut akan menjadi lebih kuat, dan jika potongan-potongan itu disatukan sampai menjadi cukup besar, kemungkinan  daging itu akan berusaha kembali ke tubuh aslinya. Makima pun meminta Denji untuk mengalahkan Gun Devil. Permohonan itu diterima oleh Denji yang antusias karena Makima berjanji akan mengabulkan permintaan apa pun jika pemuda itu berhasil.

Sumber: villains.fandom.com

Suatu hari, dilaporkan bahwa ada devil di sebuah hotel yang diduga memakan potongan daging Gun Devil. Divisi Khusus 4 pun dikerahkan ke lokasi kejadian. Selain Aki, Denji, dan Power, ada beberapa anggota lain yang ikut menjalankan misi pembasmian itu. Di sanalah mereka bertemu Himeno, Kobeni, dan Arai. Denji awalnya mengeluh karena harus segera kembali bekerja setelah mengalahkan Bat Devil.

Akan tetapi, dirinya langsung dipenuhi semangat tinggi ketika Himeno, Devil Hunter wanita yang menjadi senior dan rekan Aki, menjanjikan ciuman dewasa pada siapa pun yang berhasil menumpas devil dalam hotel. Apakah Denji mampu melakukannya?

2. Chainsaw Man Volume 3

chainsawBaca di Sini!

Ada devil misterius yang memblokade ruang dan menuntut agar Denji dibunuh! Anggota Divisi Khusus 4 yang terpojok mulai mengalami perpecahan. Meski berada dalam situasi genting, Denji masih belum menyerah untuk mendapatkan hadiah ciuman. Strategi nekat apakah yang akan dia lakukan?

3. Chainsaw Man Volume 4

chainsawBaca di Sini!

Suasana mencekam menyelimuti anggota Divisi Khusus saat mereka diserang oleh geng misterius yang mengincar jantung Denji. Sementara itu, Denji dan Power mulai melakukan latihan gila dan mematikan di bawah bimbingan Devil Hunter terkuat!

4. Chainsaw Man Volume 5

chainsawBaca di Sini!

Aki melawan iblis yang pernah digunakan Himeno sebelumnya. Apa yang terlintas dalam pikiran pria yang terbakar api dendam itu? Di sisi lain, Denji berhadapan lagi dengan Katana Man! Bagaimanakah akhir dari pertempuran penuh darah antara gergaji mesin versus katana? Pertarungan memperebutkan jantung Denji kini mengarah pada hal yang tak terduga!

5. Chainsaw Man Volume 6

chainsawBaca di Sini!

“Ayo, kita kabur ke tempat yang jauh!”

Denji yang naif terguncang oleh ucapan tak terduga Reze. Namun, momen manis itu langsung berubah menjadi badai ledakan yang merusak. Apa yang ingin dipastikan oleh Denji dan Reze dalam pertempuran sengit yang melibatkan cinta, hasrat, manusia, dan devil itu?

6. Chainsaw Man Volume 7

chainsawBaca di Sini!

Keberadaan Denji diketahui publik setelah sosok “Chainsaw Devil yang Mengerikan” muncul di TV. Para pembunuh bayaran gila nan hebat dari berbagai negara segera berkumpul di Tokyo. Divisi Khusus pun mengerahkan seluruh personel dan meluncurkan operasi untuk melindungi Denji. Mereka saling menyerang dan membunuh tanpa aturan, hingga menimbulkan kekacauan bak neraka.


Baca Juga: Jujutsu Kaisen: Anak SMA yang Rela Berbagi Tubuh dengan Roh Terkutuk


Seru banget ya, Grameds? Yuk, segera dapatkan komik Chainsaw Man kamu sekarang juga! Gak cuma itu, belanja komikmu bisa lebih murah dengan klaim diskon menarik dari Gramedia.com. Lagi ada promo Teman Membaca sampai tanggal 17 Maret ini. Pilihan buku Gramedia didiskon hingga 20%! Untuk informasi selengkapnya klik gambar di bawah ini, ya!

kumpulanTemukan Promo Spesial di Sini!

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber gambar header: Pinterest

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter