Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Cara Cleaning Printer yang Baik dan Benar!

Cara Cleaning Printer yang Baik dan Benar!

Hai hai Grameds🙋

Grameds, kamu suka sebel nggak sih kalau mau nge-print di rumah terkadang printer-nya macet atau suka mati tiba-tiba? Pasti sebel banget kan, ya Grameds. Apalagi kita sudah buru-buru, tetapi harus menghadapi printer yang minta dilempar itu hahaha. Nah, tapi Grameds tahu nggak kalau printer yang suka macet itu bisa jadi karena printer-nya kotor atau kurang bersih? Kalau Grameds belum tahu, di artikel ini, Gita mau memberikan tips and trick membersihkan printer yang baik dan benar. Penasaran sama caranya? Yuk langsung simak penjelasan berikut!

Tips Membersihkan Printer

Printer merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Printer memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Namun, kali ini Gita kan menjabarkan tips merawat serta membersihkan printer EPSON yang mudah dan nggak pakai ribet. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya!

Grameds pasti pernah mengalami tinta yang habis atau putus-putus ketika sedang nge-print dokumen, kebocoran tinta pada kertas, atau juga masalah tinta yang tidak keluar dari nozzle. Nah, kalau Grameds pernah mengalami hal-hal tadi tandanya Grameds perlu melakukan Head Cleaning. Apa itu head cleaning? Head cleaning merupakan proses saat printer melakukan pembersihan dan pembuangan tinta yang sudah mengendap atau menggumpal di bagian bawah catridge tinta. Kenapa printer harus melakukan proses pembersihan dan pembuangan tinta? Agar nantinya tinta bisa keluar dengan lancar dari nozzle dan proses mencetak kertas kembali normal.

Nah Grameds, head printer atau nozzle itu harganya lumayan mahal, bahkan bisa sampai setengah harga printer itu sendiri, lho. Maka dari itu, pastikan Grameds melakukan proses head cleaning di rumah dengan benar dan tepat ya.

Sekarang kita masuk ke langkah-langkah membersihkan printer EPSON dengan mudah dan anti ribet. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan printer sendiri di rumah:

  1. Bagi kamu yang menggunakan OS Windows Vista ke atas, kamu bisa pilih Start Menu pada Windows kamu. Lalu, pilih menu “Device & Printers”. Sementara bagi kamu yang menggunakan Windows XP, bisa membukanya melalui Control Panel dengan cara klik Start > Control Panel. Pada jendela Control Panel, pilih “Printers & Fax”.
  2. Selanjutnya, kamu akan melihat jendela yang berisikan daftar perangkat yang tersambung pada komputer/laptop mu. Pada jendela ini, carilah printer yang akan dibersihkan.
  3. Setelah printer ditemukan, kamu bisa klik kanan pada nama printer tersebut, kemudian pilih “Printer Preferences”. Hal ini dilakukan untuk membuka jendela pengaturan dari printer EPSON milik kamu.
  4. Pada jendela Printer Preferences pilih tab “Maintenance”. Pada tab ini, kamu akan menemukan beberapa hal terkait perawatan printer EPSON.
  5. Kamu bisa klik tombol “Head Cleaning”. Nanti setelahnya akan muncul pilihan apakah kamu hendak melakukan Cleaning atau Power Cleaning. Kalau ini kali pertama kamu melakukan Head Cleaning, kamu cukup pilih Cleaning saja.
  6. Klik tombol Start untuk memulai proses Head Cleaning.
  7. Tunggu proses Head Cleaning hingga selesai. Nah, Grameds, perlu diingat, selama proses Head Cleaning berlangsung, kamu tidak boleh menggunakan printer selain untuk urusan perawatan, ya.
  8. Setelah proses Head Cleaning selesai, kamu bisa coba printermu untuk mencetak kertas setelah cleaning dilakukan melalui proses “Nozzle Check”. Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul pada layar.
  9. Nah, sekarang kamu bisa coba membandingkan hasil gambar yang tercetak pada kertas dengan gambar yang ditampilkan di layar komputer/laptopmu. Apabila sudah sesuai dan hasilya bagus, tandanya proses Head Cleaning yang dilakukan sudah berhasil dan kamu bisa keluar dari jendela Printer Preferences. Kalau Grameds merasa hasil cleaning yang dilakukan kurang bagus, kamu bisa mengulangi proses Cleaning lagi dengan cara mengklik “Cleaning”.

brandPRINTER EPSON Lagi Diskon di Brand Day Sale!

Jadi, seperti itu langkah-langkah membersihkan printer di rumah, Grameds. Mudah dan tidak ribet, bukan?

Sebelum kita berlanjut, di poin 5 di atas, ada istilah “Power Cleaning”. Nah, apa sih perbedaan antara “Cleaning” dan “Power Cleaning”? Power Cleaning merupakan proses yang dilakukan ketika hasil Cleaning beberapa kali belum menunjukkan adanya perubahan sama sekali. Lalu, bagaimana cara melakukan Power Cleaning? Sebenarnya, cara melakukan Power Cleaning hampir sama dengan proses Cleaning biasa. Bedanya hanya ketika kamu mau melakukan Power Cleaning, kamu bisa klik “Power Cleaning” lalu klik tombol “Start”. Selain itu, kamu juga harus mematikan printer kamu selama 24 jam ke depan, jika hasil cetakan kertas ternyata belum menunjukkan perubahan, kamu bisa melakukan kembali “Nozzle Check” setelah 24 jam untuk mengecek hasil Power Cleaning. Kalau setelah 24 jam masih belum ada perubahan, kemungkinan besar catridge tinta printer kamu sudah tidak dalam kondisi baik. Kamu bisa membawa ke tempat service printer yang profesional atau jika kamu masih memiliki garansi, kamu bisa membawanya ke EPSON Service Center terdekat.

Penawaran dari EPSON Khusus di Gramedia Brand Day Sale Spesial Lebaran

Nah, sekarang Grameds sudah mengerti kan bagaimana cara membersihkan printer sendiri di rumah? Sekarang Gita punya informasi menarik khusus untuk Grameds. Seperti yang sudah Grameds ketahui, Gramedia sedang ada Brand Day Sale besar-besaran nih, yaitu Gramedia Brand Day Sale Spesial Lebaran. Di Brand Day Sale kali ini, Gramedia juga menawarkan potongan harga besar-besaran untuk brand printer kesayangan kita semua, yaitu EPSON. Salah satu penawaran hebat dari Gramedia adalah EPSON Printer L3210. Printer Eco Tank A4 yang berfungsi sebagai printer dan dilengkapi fitur Scan dengan kecepatan cetak 10.0 ipm/ 5.0 ipm, resolusi cetak 5760 x 1440 dpi. Dengan semua fitur ini kamu bisa dapatkan dengan harga 2 jutaan saja, lho. Penasaran? Yuk cek informasi produk selengkapnya di bawah ini!

brandBeli Sekarang PRINTER EPSON, Lagi Diskon di Brand Day Sale!

Grameds, lagi nggak butuh printer baru? Tenang saja, di Gramedia Brand Day Sale kali ini, EPSON juga mengadakan potongan besar-besaran untuk tinta catridge dan peralatan EPSON lainnya. Kamu bisa cek informasi lengkapnya hanya di Gramedia.com.


Jadi, bagaimana, Grameds? Penawarannya menarik sekali bukan? Yuk pantau terus penawaran-penawaran menarik lainnya di Gramedia Brand Day Sale Spesial Lebaran. Periode hanya berlangsung dari 5 s.d 21 April 2024. Jangan sampai ketinggalan, jangan sampai terlewat. Cek promonya di Gramedia.com atau klik banner di bawah ini! ⤵️

halamanTemukan Promo Brand Day Sale di Sini!


Sumber: dosenit.com

Header: Pexels.com


Enter your email below to join our newsletter