#BacaJadiLebihMudah

Buku Pilihan Redaksi Gramedia Digital 2019

Buku Pilihan Redaksi Gramedia Digital 2019

Setahun berlalu dalam hitungan beberapa hari mendatang. Sepanjang 2019, berbagai buku dari berbagai genre dirilis dan beberapa di antaranya menarik perhatian pembaca.

Baik itu buku debut, atau buku dari penulis yang kembali merilis buku terbarunya. Gramedia Digital mengadakan survei para pembaca untuk menentukan buku apa sajakah yang dianggap menarik perhatian sepanjang 2019 ini?

Dari survei tersebut, terdapat enam hasil terpilih. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

Komet

Dari hasil survei yang telah dilakukan melalui sosial media Gramedia Digital, serial Bumi karya Tere Liye terpilih sebagai Serial fiksi paling dinanti di 2019. Yap, pada Maret 2019 lalu, Tere Liye menerbitkan buku terbaru dari seri ini yang berjudul Komet Minor.

Komet Minor sendiri merupakan buku ketujuh yang menyempurnakan buku-buku sebelumnya, yaitu: Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, dan Komet.

buku

Sementara Filosofi Teras terpilih sebagai buku self improvement terfavorit. Meski sudah dirilis sejak 2018 lalu. Buku yang beisikan tentang filsafat Stoa ini masih menjadi favorit.

Buku ini berisikan cara untuk mengatasi berbagai hal buruk, yang disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami generasi zaman now.

Lala

Di kategori buku Grafis Terfavorit, yang terpilih adalah buku The Book of Imaginary Beliefs karya Lala Bohang. Buku ini merupakan buku ketiga sekaligus penutup dari seri The Book of Siblings.

Seri ini didahului oleh terbitnya buku The Book of Forbidden Feelings dan The Book of Invisible Questions. Penasaran dengan buku ini? Siap-siap disambut ilustrasi kece serba hijau dan kisahnya karya Lala Bohang ya!

Lala

Hadir pada November 2018 lalu, ternyata buku Karena Cinta Kuat Seperti Maut karya Adimas Immanuel masih digemari.

Karya ini pun terpilih sebagai buku Puisi & Kumcer Terfavorit 2019 Gramedia Digital. Sementara itu, kabar terbarunya, di awal 2020 nanti, sang penulis sudah menyiapkan karya terbarunya untuk para pembaca setia.

Lala

Disambung oleh buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orang Tua Baru karya Nadia Mulya & Prita Hapsari Ghozie yang terpilih sebagai buku Parenting Andalan pembaca Gramedia Digital.

Buat para orang tua, sudahkah kamu mengintip isi buku ini? Siapa tahu bisa membantu kamu yang sedang menyiapkan keuangan keluarga.

Survei pembaca ini pun ditutup oleh pemilihan penulis legendaris pembaca Gramedia Digital. Dan yang terpilih adalah penyair Sapardi Djoko Damono.

Siapa di sini yang setia menjadi jamaah Eyang Sapardi Djoko Damono? Buku mana saja yang sudah kamu baca? Yuk cek di kumpulan buku-buku karya beliau di sini.

Itu tadi adalah daftar pilihan pembaca, lalu apakah Gramedia Digital juga punya pilihan tersendiri? Tentu saja. Pilihan redaksi ini, juga sekaligus menjadi rekomendasi untuk kamu yang terlewat membacanya. Apa saja buku pilihan tersebut? Berikut daftarnya.

Buku Debut Pilihan

buku

Bagi yang tertarik dengan matematika dan ingin menguasainya, yuk intip buku Mantappu Jiwa, yang merupakan buku debut Jerome Polin. Sementara buat kamu yang peduli dengan sikap anti body shaming, buku debut Meira Anastasia yang berjudul Imperfect cocok jadi bacaan di libur tahun baru kali ini.

Sementara buat kamu yang punya zona nyaman dengan puisi yang menenangkan namun juga sarat akan berbagai emosi di dalamnya, buku Poem Book dari Heidi Nasution cocok buat kamu.

Buku Penulis Comeback

buku

Suka cerpen dengan tema yang tak biasa? Tukar Takdir dari Valiant Budi akan membuat kamu terkaget-kaget dengan cerpen-cerpen yang ada di dalamnya. Sementara buat kamu yang setia dengan karya Sophie Kinsella, jangan sampai terlewat buku terbarunya yang berjudul Surprise Me ya!

Dilanjut dengan kembalinya Dodi Prananda, yang kali ini merilis buku puisi Besok Kita Belum Tentu Saling Mengingat. Jika selama ini kamu membaca cerpen atau novelnya, maka kini saatnya kamu membaca puisi dari Dodi Prananda.

Buku Selebtwit atau Selebgram

buku

Punya idola yang eksis di dunia maya? Hanya mengikuti mereka lewat akun sosial medianya? Coba yuk baca karya mereka yang berbentuk buku.

Misalkan saja Filosofi Teras dari Henry Manampiring, atau karya selebtwit Monstreza yang berjudul Yang Diacak-Acak Seprai, yang Berantakan Hati, atau bisa juga coba resep dari Icha Irawan yang ada di buku Cooking with Love ala Dapur Mommychaa.

Buku Underrated

buku

Bosan dengan nama penulis yang itu-itu saja, tapi enggan mencoba karya penulis lainnya, karen takut ceritanya kurang oke? Tiga buku ini bisa jadi referensi buat kami.

Ceritanya yang unik akan memberikan insight yang tak biasa. Apa saja buku tersebut: Maybe Everything - Alicia Lidwina, Pemetik Bintang - Venerdi Handoyo dan Rainbow Cake - Rayni Massardi & Christyan A.S.

Books of the Year

books

Buku-buku ini dijamin sayang jika dilewatkan! Fiksi dan nonfiksi, semuanya akan memberikan pengalaman bagi para pembaca. Seperti buku Kim Ji-Young Lahir 1982 dari Choo Nam Joo, yang akan memberikan kamu gambaran baru tentang kehidupan perempuan di Korea Selatan.

Sementara itu buku Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital dari Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan akan memberi kamu insight baru tentang marketing di era digital. Dan buku terakhir, yaitu The Subtle Art of Not Giving A F*ck dari Mark Manson, akan memberikan pandangan untuk kamu dalam memilih sikap saat menghadapi masalah yang ada di depan mata.

Sudah lengkap kah buku-buku rekomendasi Gramedia Digital? Sudah berapa yang kamu selesaikan? Jika belum, jangan ragu untuk langsung membacanya ya. Karena di 2020 buku-buku baru siap menanti untuk dibaca!


Sumber foto header: Unsplash.com


Masukan email kamu untuk berlangganan newsletter

comments powered by Disqus