Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Kegiatan Family Time untuk Merajut Keluarga Cemara

5 Kegiatan Family Time untuk Merajut Keluarga Cemara

Menjadi keluarga harmonis atau keluarga cemara adalah impian setiap keluarga. Tentunya rumah yang hangat adalah rumah yang berlimpah kasih sayang dari penghuninya. Suasana kekeluargaan yang bahagia, rukun dan akrab satu sama lain, serta dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan bersama merupakan contoh ideal dari gambaran keluarga cemara. Hmmm... Pasti kita semua pengen punya keluarga yang bahagia dan harmonis gini ya, Grameds!🏡👨‍👩‍👧‍👦

Salah satu cara untuk membangun hal tersebut adalah dengan memperbanyak family time. Meluangkan waktu bersama keluarga membawa banyak dampak baik bagi masing-masing anggota keluarga. Salah satunya, family time dapat membangun kepribadian anak dan membuat mereka menjadi individu yang lebih simpatik.

Di dunia yang serba sibuk ini, kebanyakan orang merasa kurang dengan 24 jam dalam sehari. Akan tetapi, jika Ayah dan Bunda bisa, sempatkanlah diri untuk menemani dan mengajak anak berbincang. Kegiatan family time tidak hanya duduk berkumpul dan mengobrol, lho. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Berikut ini rekomendasi kegiatan me time untuk menciptakan keluarga layaknya keluarga cemara. Yuk, simak sampai habis! Jangan lupa untuk ditiru, ya😉✨

Inspirasi Kegiatan Family Time

1. Mengunjungi Tempat Rekreasi

Orang tua bisa meluangkan waktu dengan mengajak buah hati ke tempat rekreasi. Seperti ke taman bermain, kebun binatang, atau berenang. Meski kegiatan ini cukup menyita waktu karena harus keluar rumah, tetapi anak pasti  sangat senang dan akan menciptakan kenangan indah bagi keluarga. Mengajak anak bermain ke luar juga akan memberikan banyak pengetahuan mengenai dunia luar dan memberikan mereka kebebasan bereksplorasi. Namun, tetap awasi setiap langkah si Kecil, ya.

Sumber: freepik.com


2. Memasak Bersama

Kegiatan memasak bersama adalah cara yang menyenangkan untuk melibatkan anak-anak dalam proses persiapan makan. Ini adalah pengalaman yang mendidik dan berharga. Kegiatan ini bisa dinikmati oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Aktivitas memasak tidak hanya mengajarkan keterampilan penting, tetapi juga membantu anak-anak untuk mengembangkan rasa percaya diri dan tanggung jawab. Siapa tau buah hati memiliki jiwa koki sejak kecil.

Sumber: freepik.com

3. Membersihkan Rumah

Kegiatan satu ini memang melelahkan dan sulit dilakukan. Namun, melalui komunikasi yang baik kegiatan ini bisa membawa hal positif, lho. Membersihkan rumah bersama dapat menjadi kesempatan untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan bertanggung jawab. Ini adalah cara yang baik untuk mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan kerja tim.

Sumber: freepik.com

4. Ikut Bermain dengan Hobinya

Mengikuti minat dan hobi anak-anak adalah salah satu cara untuk merayakan kepribadian mereka. Bermain video game, musik, atau olahraga bersama mereka akan membuat mereka merasa dicintai dan dihargai. Jadi, jangan lupa untuk menyempatkan diri bermain sama buah hati, ya.

5.  Membaca Buku

Terakhir, kegiatan ini paling direkomendasikan. Membaca bersama adalah cara fantastis untuk memperkuat hubungan dengan anak-anak. Baca cerita atau buku bersama, dan berikan waktu untuk berbicara tentang cerita tersebut. Ini akan merangsang minat membaca mereka dan mendekatkan keluarga. Nah, untuk buku apa yang dibaca, ini dia rekomendasi buku aktivitas untuk menemani family time. Yuk, simak apa saja bukunya!

Sumber: freepik.com

Rekomendasi Buku untuk Kegiatan Family Time

1. Buku Seri Ensiklopedia Lift the Flap: Hewan

BukuPesan Sekarang!

Buku ini akan membawa buah hati menjelajahi dunia hewan. Buku ini memiliki desain flip the flap, sehingga si kecil bisa membuka lipatan dan menemukan pengetahuan luas akan dunia hewan. Selain desain yang menarik, ilustrasinya menarik dan penjelasannya sederhana. Si kecil pasti tidak akan bosan saat membacanya. Ensiklopedia yang interaktif ini cocok sebagai teman belajar yang menyenangkan dan edukatif bagi buah hati. Mereka akan terpesona oleh keanekaragaman makhluk-makhluk yang menghuni planet bumi.

2. Ensiklopedia Anak Hebat Negara

BukuPesan Sekarang!

Buku ensiklopedia ini memuat berbagai pengetahuan menarik tentang negara-negara di seluruh dunia. Tidak hanya fakta-fakta umum, tetapi juga hal-hal yang membuat setiap negara menjadi unik, seperti negara yang malam harinya lebih lama, tradisi khas, atau fenomena alam yang hanya terjadi di sana. Buku ini dirancang khusus untuk anak-anak, dan pengemasannya dirancang untuk memudahkan pemahaman. Dengan banyak alat bantu visual yang menarik, anak-anak dapat menjelajahi dunia dengan cara yang menyenangkan dan informatif.

Jadi, bagi para orang tua yang ingin mengenalkan anak-anak pada pengetahuan umum tentang dunia, Ensiklopedia Anak Hebat Negara adalah pilihan yang tepat. Buku ini akan membuka jendela dunia bagi anak-anak dan menginspirasi mereka untuk menjadi warga dunia yang penuh pengetahuan.

3. Ensiklopedia 4D: Wow! Dunia Tumbuhan

BukuPesan Sekarang!

Buku ini bukan sekadar buku ensiklopedia biasa, ini adalah pintu masuk ke dunia tumbuhan yang hidup dan penuh warna. Dalam ensiklopedia ini, setiap halaman dipenuhi dengan gambar-gambar yang memikat dan warna yang memukau. Hal ini dirancang khusus untuk menarik minat anak-anak dalam membacanya, sehingga mereka akan merasa seolah sedang menjelajahi tumbuhan secara langsung. Seperti judulnya, “4D”, buku ini dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR), sehingga anak-anak dapat melihat tumbuhan tumbuh dan bergerak, seperti tumbuhan karnivora yang memangsa serangga.

Ensiklopedia 4D: Wow! Dunia Tumbuhan akan menambah wawasan anak-anak dalam pengetahuan tentang tumbuhan. Mereka akan belajar dengan detail tentang berbagai jenis bunga dan pohon serta fakta-fakta menarik tentang tumbuhan.

4. Ensiklopedia 4D Junior: Hewan di Peternakan (Farm Animals)

BukuPesan Sekarang!

Apakah si kecil penasaran tentang hewan-hewan yang biasa ditemui di peternakan? Buku Ensiklopedia 4D Junior: Hewan di Peternakan (Farm Animals) adalah jawaban untuk rasa penasaran tersebut. Buku ini membawa pengalaman membaca ke tingkat berikutnya dengan teknologi 4D yang membuatnya menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan dan edukatif. Buku ini juga dilengkapi dengan teknologi AR, jadi sangat cocok untuk family time bersama si kecil.

Buku ini tidak hanya menyediakan informasi tentang hewan-hewan di peternakan, tetapi juga menjadikannya hidup di depan mata pembaca. Bagaimana kuda memakai ladam? Mengapa babi suka bermain di lumpur? Mengapa kuping kelinci panjang? Semua pertanyaan ini dan lebih banyak lagi akan dijawab oleh buku ini.

Itu dia rekomendasi buku untuk menemani kegiatan family time. Yuk, luangkan waktu untuk keluarga, dengan begitu keluarga impian yang diidamkan akan tercipta.💖

100 Judul Terbaik Pilihan Pembaca 2023, Persembahan dari Gramedia untuk Kamu!

Dengan mengusung semangat #LebihDekat, Gramedia menghadirkan 100 Judul Terbaik Pilihan Pembaca 2023 yang merupakan kompilasi buku-buku best seller pilihan Grameds! Tentunya, Gramedia tidak hanya menghadirkan kompilasi ini saja, tetapi juga memberikan Grameds penawaran menarik berupa diskon 25% untuk 100 buku yang termasuk dalam daftar berikut ini: https://bit.ly/BukuUntukmu2023.

Promo ini akan berlangsung selama periode 27-29 Oktober 2023, dan bisa kamu dapatkan di seluruh store Gramedia se-Indonesia, Gramedia.com, dan marketplace Gramedia Official!

Wah, seru banget kan, Grameds?

Sambil menunggu info lengkapnya, kamu bisa pantengin terus Instagram @gramedia dan @gramedia.com, ya!

✨Seratus buku, tiga hari, dan satu kesempatan memilih buku terbaikmu.✨

Jangan sampai ketinggalan keseruannya ya, Grameds!🤓💗

judulTemukan Buku Terbaikmu di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com

Penulis: Naela Marcelina

Editor: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter