Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Aktivitas Sederhana yang Menjadikan Anak Lebih Cerdas

5 Aktivitas Sederhana yang Menjadikan Anak Lebih Cerdas

Ayah dan Bunda pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang baik dan cerdas bukan? Untuk mendukung hal tersebut perlu melakukan pendekatan melalui aktivitas sederhana yang bisa dilakukan sejak kecil.

Aktivitas sederhana yang diiringi dengan kegembiraan dapat menjadi kunci bagi pertumbuhan intelektual anak. Berikut ini adalah lima aktivitas sederhana yang dapat membantu anak Ayah Bunda tumbuh menjadi individu yang cerdas dan berpengetahuan. Yuk, simak sampai habis!🤩

Ide Aktivitas untuk Anak Cerdas

1. Membiasakan untuk Berolahraga

Aktivitas satu ini memang disarankan untuk semua kalangan. Olahraga membantu perkembangan keterampilan motorik dan mengajarkan hidup sehat sejak dini. Apalagi kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama pasti sangat menyenangkan. Kesehatan fisik yang baik akan mempengaruhi kinerja otak sehingga si kecil bisa fokus akan pembelajaran di sekolah.

2. Memperkenalkan Dunia Seni

Melibatkan anak dalam seni seperti melukis, menggambar, atau membuat kerajinan adalah jalan yang mulus untuk merangsang imajinasi anak. Seni membantu buah hati mengungkapkan diri mereka sendiri, memperkuat keterampilan kreatif, dan belajar mengenali estetika. Belajar akan seni bisa memunculkan hobi buah hati yang bisa terus berkembang dan sukses ketika dewasa,

3. Bermain Games Edukatif

Bermain games masih terkesan negatif apalagi saat dimainkan di ponsel. Namun, Bunda  bisa mengawasi mereka dengan memilah aplikasi games edukatif yang ada di ponsel. Memberikan kesempatan anak bermain games akan membantu menenangkan otak dan meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat. Bunda juga bisa membelikan sejumlah mainan interaktif untuk membantu perkembangan buah hati.

4. Belajar Bahasa Asing

Walaupun masih kecil, mengajarkan anak bahasa asing sangat penting, lho. Zaman sekarang, bahasa asing menjadi faktor penentu keberhasilan. Bunda bisa mengajarkannya melalui buku maupun video. Beri pemahaman tak hanya bahasa, tetapi juga budaya yang berbeda. Bahasa asing mengajarkan anak untuk berpikir secara holistik dan meningkatkan kemampuan komunikasi si kecil.

5. Membangun Kebiasaan Membaca

Membangun kebiasaan membaca menjadi salah satu tugas utama  Bunda dan Ayah. Membaca dapat meningkatkan intelektualitas, memperkaya kosakata, dan daya pikir kritis. Melalui membaca akan menumbuhkan hobi membaca yang bisa dibawa saat dewasa nanti. Untuk itu penting bagi Bunda dan Ayah membelikan sejumlah buku aktivitas untuk membantu perkembangan buah hati. Berikut rekomendasi buku untuk menemani belajar buah hati. Yuk, Simak!

Rekomendasi Buku Aktivitas Anak

1. ABC Activity: Buku Aktivitas Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris

BukuPesan Sekarang!

Ketika anak-anak memulai perjalanan pengetahuan bahasa mereka, bahasa ibu adalah yang paling penting. Namun, mengajarkan buah hati bahasa asing juga penting sebagai pendamping kehidupan. Era yang semakin maju menuntut manusia untuk bisa berbahasa asing sehingga penting bagi orang tua untuk mengajarkannya sejak dini.

Buku ABC Activity: Buku Aktivitas Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris sangat cocok dijadikan media belajar. Terdapat ilustrasi, aktivitas membaca, menulis, mewarnai, dan menempelkan stiker. Asyik sekali bukan? Buku ini cocok untuk buah hati yang baru masuk sekolah juga, lho.

2. Buku Aktivitas Edukatif PAUD: Jam dan Waktu

BukuPesan Sekarang!

Buku ini akan mengajak buah hati belajar tentang jam dan waktu bersama Millie, Oliver, dan hewan lucu lainnya. Aktivitas Edukatif PAUD: Jam dan Waktu memiliki ciri unik, yakni buah hati bisa menggerak-gerakkan jarum karena terdapat jam mainan di dalam buku. Tak hanya itu, buku ini juga mengasah kemampuan motorik halus karena ada aktivitas seperti mewarnai, menebalkan, dan menulis.

3. Pandai Membaca AIUEO

BukuPesan Sekarang!

Membaca menjadi kegiatan penting bagi pertumbuhan buah hati. Maka dari itu buku Pandai Membaca AIUEO menjadi salah satu rekomendasi untuk dimiliki. Metode pembelajaran yang dikemas dalam bentuk aktivitas yang sangat menyenangkan. Ditambah dengan gambar dan cerita yang seru membuat buah hati bersemangat dalam belajar membaca. Jadi, tidak usah menunggu waktu lama lagi untuk memiliki buku ini.

4. Ayo Menggambar Gaun Cantik

BukuPesan Sekarang!

Menggambar adalah kegiatan paling disukai anak-anak. Siapa sangka bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan intelegensi dan membuat anak lebih percaya diri, terbuka, dan kreatif. Buku Ayo Menggambar Gaun Cantik sangat cocok untuk anak perempuan untuk mengeksplorasi imajinasinya. Buku ini mengajarkan menggambar langkah demi langkah sehingga si kecil bisa terbantu dalam menuangkan imajinasinya.

Ayah dan Bunda memiliki peran besar dalam membentuk masa depan cerah buah hati. Melalui lima aktivitas sederhana dan didukung dengan rekomendasi buku bisa membantu kalian untuk mempersiapkan buah hati tumbuh menjadi anak yang cerdas✨

100 Judul Terbaik Pilihan Pembaca 2023, Persembahan dari Gramedia untuk Kamu!

Dengan mengusung semangat #LebihDekat, Gramedia menghadirkan 100 Judul Terbaik Pilihan Pembaca 2023 yang merupakan kompilasi buku-buku best seller pilihan Grameds! Tentunya, Gramedia tidak hanya menghadirkan kompilasi ini saja, tetapi juga memberikan Grameds penawaran menarik berupa diskon 25% untuk 100 buku yang termasuk dalam daftar berikut ini: https://bit.ly/BukuUntukmu2023.

Promo ini akan berlangsung selama periode 27-29 Oktober 2023, dan bisa kamu dapatkan di seluruh store Gramedia se-Indonesia, Gramedia.com, dan marketplace Gramedia Official!

Wah, seru banget kan, Grameds?

Sambil menunggu info lengkapnya, kamu bisa pantengin terus Instagram @gramedia dan @gramedia.com, ya!

✨Seratus buku, tiga hari, dan satu kesempatan memilih buku terbaikmu.✨

Jangan sampai ketinggalan keseruannya ya, Grameds!🤓💗

judulTemukan Buku Terbaikmu di Sini!


Sumber gambar header: freepik.com

Penulis: Naela Marcelina

Editor: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter